4 Cara Mempercepat Shutdown Windows 8

Sama seperti proses booting dan startup, proses shutdown juga biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, padahal hal tersebut tentunya akan cukup mengganggu jika Anda sedang terburu-buru ingin mematikan laptop. Nah, berikut ini ada 4 cara mempercepat shutdown Windows 8 yang perlu untuk disimak.

 

Langkah mempercepat shut down Windows 8. Sumber gambar: info-menarik.net

 

Cara ini dijamin akan membuat kinerja PC atau laptop Anda menjadi lebih produktif, sebab setelah menerapkan beberapa cara yang akan diulas di bawah ini, proses penggunaan laptop menjadi lebih efektif.

  • Non aktifkan fitur Fast Startup

Mempercepat proses booting Windows 8 memang bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Fast Startup, namun dampaknya membuat proses shut down menjadi kurang cepat.

Pada dasarnya fitur ini mirip dengan mode hibernate sehingga akan membuat proses shutdown menjadi sedikit lebih lama karena harus menunggu terlebih dahulu semua data telah terkirim dan tersimpan di harddisk. Jadi, jika Anda menonaktifkan fitur ini maka sebaliknya shutdown akan lebih cepat dan booting sedikit lebih lambat. Caranya sama dengan cara yang Anda lakukan saat mengaktifkan fitur Fast Startup hanya saja kali ini Anda perlu hilangkan tanda centang di bagian fitur Fast Startup tersebut.

  • Lakukan disable clear page file ketika shutdown

Secara otomatis ketika proses shutdown dimulai, maka pagefile.sys juga akan dibersihkan. Proses pembersihan inilah yang membutuhkan waktu lebih lama. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu mematikan saja fitur ini. Caranya: unduh file reg yang bisa Anda temukan di internet lalu jalankan file tersebut yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut.

  • Gunakan Tweak Reg

Cara mempercepat shutdown yang selanjutnya Anda dapat menggunakan tweak reg yang terdiri dari beberapa file diantaranya seperti AutoEndTasks, HungAppTimeout, WaitToAppKillTimeout, dan WaitToServiceKillTimeout. Tentu saja, masing-masing dari file reg itu memiliki fungsi yang berbeda.

  • AutoEndTasks
Baca Juga  Cara Mengaktifkan Mode Hibernate di Windows 7 dan 8

Fungsi dari file reg ini adalah untuk menentukan berapa lama task yang berjalan pada saat pengguna mematikan komputer atau laptop sebelum dilakukan AutomaticEndTasks

  • HungAppTimeOut

Fungsi dari file reg ini adalah untuk menentukan berapa lama menunggu berjalannya proses pada saat pengguna menekan tombol end task di Task Manager

  • WaitToAppKillTimeout

Fungsi dari file reg ini adalah untuk menentukan waktu yang diberikan oleh sistem pada saat masih ada aplikasi yang sedang berjalan sebelum dilakukan Force Close.

  • WaitToServiceKillTimeout

Fungsi dari file reg ini adalah untuk menentukan waktu yang diberikan oleh sistem pada saat masih ada Service yang sedang berjalan sebelum dilakukan Force Close.

Pada 3 file reg yang terdiri dari HungAppTimeout, WaitToAppKillTimeout dan WaitToServiceKillTimeout, sudah dilakukan pengaturan dalam interval dengan jangka waktu selama 2 detik. Namun Anda bisa mengubahnya secara bebas sesuai dengan keinginan Anda, caranya klik kanan pada file reg kemudian pilih Edit.

Pada angka 2000, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda namun tetap pada acuan 1000 = 1 detik. Namun sebaiknya Anda tidak memberi nilai lebih kecil dari 1000. Setelah itu, save (CTRL + S) tutup dan selanjutnya merge dengan sistemĀ  caranya adalah dengan melakukan klik 2 kali dan kemudian pilih OK ketika ada notifikasi muncul.

  • Hindari menggunakan terlalu banyak background process

Pada dasarnya, background process itu selain memperlambat proses start up juga memperlambat proses shutdown. Maka dari itu, jika dirasa tidak begitu penting sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menjalankan background process. Periksa background process yang sedang berjalan melalui task manager dan kemudian lakukan disable startup process yang tidak Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *