Cara Install Ulang dari Windows 8 ke Windows 7 dengan Mudah

Bagi yang terlanjur akrab menggunakan Windows 7 pasti akan mengalami kesulitan atau butuh waktu untuk penyesuaian dengan tampilan Windows 8. Tak jarang, mereka mencari cara install ulang dari Windows 8 ke Windows 7. Hal inilah yang disebut dengan downgrade.

Berbeda dengan update yang berfungsi untuk memperbaharui sistem operasi ke versi terupdate, downgrade sering ditempuh karena berbagai alasan. Memang, Windows 8 bukanlah versi teranyar sistem operasi Windows. Untuk saat ini sistem operasi terbaru Windows adalah Windows 10. Namun, untuk beberapa laptop keluaran lama ada beberapa yang masih membawa sistem bawaan Windows 8 dalam sistem operasinya.

 

Downgrade dari Windows 8 Ke Windows 7. Sumber gambar: bekahgest.com

 

Bagi mereka yang masih akrab menggunakan Windows 7 tentu akan cukup mengalami kesulitan terutama dalam mencari tombol start maupun close, yang memang tidak nampak di Windows versi ini. Hal inilah yang seringkali menjadi alasan personal untuk mendowngrade sistem operasi di laptopnya.

Di samping itu, untuk netbook yang punya dimensi layar lebih kecil 12 atau 14 inchi, tampilan start menu full screen Windows 8 akan menutup sebagian besar layar. Selain alasan personal di atas, beberapa mendowngrade sistemnya lantaran device yang dimiliki tidak compatible dan menurunkan performa.

 

Bagi Anda yang berniat mendowngrade sistem Windows pada computer atau laptop Anda, berikut ini cara install ulang dari Windows 8 ke Windows 7 yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  • Buka PC Anda seperti biasanya. Masuk ke menu Change PC Setting.
  • Akan muncul beberapa menu di PC Setting, mulai dari Personalise, Users, Notifications, Search, Share, General, Privacy, Devices, Wireless, Ease of Acces, dan lain sebagainya. Pilih sub menu General. Di sebelah kanan layar akan ditampilkan beberapa pilihan. Pilih pilihan yang berada di kanan paling bawah. Klik Restart Now.
  • Setelah itu, Anda akan mendapati windows baru beserta beberapa pilihan opsi. Klik pada opsi Troubleshoot.
Baca Juga  Mengetahui Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

(i3)

  • Di layar Anda akan muncul beberapa pilihan. Arahkan kursor dan klik pada Advance Option.
  • Dengan mengklik Advanced Options, Anda akan mendapati beberapa pilihan menu di hadapan Anda, yakni System Restore, System Image Recovery, Automatic Repair, Command Prompt, dan Start up Setting. Pilihlah menu System Image Recovery.

(i4)

  • Anda perlu menginput password terlebih dahulu jika sebelumnya komputer/ laptop Anda memiliki password. Setelah menginput password, klik Continue.
  • Sampai sana langkah Anda belum selesai. Akan muncul Windows baru lagi di layar PC/ laptop Anda. Klik pilihan Cancel untuk membatalkan.
  • Akan ada halaman Re-image Your Computer. Klik Next untuk melanjutkan.

(i5)

  • Pilih menu Advanced.
  • Klik Instal A Driver. Tampilannya kurang lebih akan terlihat seperti di bawah ini. Klik OK.

(i6)

  • Cari file penyimpanan Windows 7 yang telah Anda simpan untuk menginstalnya.

(i7)

  • Klik kanan pada menu Setup. Akan muncul pilihan, pilih Run as administrator untuk bisa menginstal Windows 7 Anda.
  • Tutup Windows lain yang tadi masih terbuka. Pastikan tertutup semua, kecuali Windows Recovery.
  • Lanjutkan instalasi seperti biasa untuk memasang Windows 7 lawas pada device Anda.

(i8)

Jika cara ini tidak berhasil, Anda tak perlu khawatir, masih ada satu lagi cara install ulang dari Windows 8 ke Windows 7 yang bisa Anda coba, yakni dengan cara menon-aktifkan fitur UEFI Secure Boot.

Biasanya ini merupakan kendala utama hingga laptop tidak bisa didowngrade karena fitur UEFI ini menghalangi menu BIOS untuk muncul. Tanpa adanya BIOS ini, akan sulit bagi kita untuk downgrade ke Windows 7. Lalu bagaimana caranya? Cermati dan pahami langkah-langkah berikut ini.

  • Akses menu Personalize Setting dengan cara klik menu Setting yang terdapat pada charm bar Windows 8. Pilih menu Change PC Setting dari banyaknya pilihan yang ada di layar.
  • Klik menu General. Lanjutkan dengan memilih Advanced Startup, dan diakhiri dengan mengklik Restart Now. Jangan senang dulu, perjalanan kita belum selesai sampai di sini.
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop Anda menyelesaikan proses Reboot. Setelahnya, Anda akan mendapati tampilan seperti di bawah ini.
Baca Juga  Tutorial Lengkap Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di PC

(i9)

  • Untuk melanjutkan langkah downgrade Windows, pilih menu Troubleshoot dalam pilihan di layar. Akan muncul beberapa pilihan. Arahkan kursor Anda dan klik pada Advanced Options. Pilih UEFI Firmware Setting. Klik tombol Restart agar Anda dapat memasuki halaman BIOS.
  • Anda akan mendapati tampilan seperti di bawah ini. Ingat bahwa tujuan Anda adalah untuk menonaktifkan (Disable) Secure Boot pada UEFI Setting. Namun untuk langkah ini akan bergantung pada jenis dan versi pengaturan BIOS Anda. Anda bisa mencoba masuk melalui bagian Security atau Boot dalam menu BIOS. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Secure boot control/ UEFI berubah status menjadi Disabled.

(i10)

  • Nah, masuk tahapan terakhir, sekarang Anda bisa menginstal Windows 7. Cari file penyimpanan Windows 7 Anda. Klik Drive Options. Selanjutnya pastikan Delete semua partisi yang tersisa. Klik pilihan Unallocated Space, lalu buatlah Create Partition.
  • Selesai

 

Bagaimana? Mudah bukan cara install ulang dari Widow 8 ke Windows 7 ini? Selamat mencoba. Jika tak berhasil, silahkan cob acara kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *